Tuesday 20 December 2016

Mengatasi pemakaian CPU yang tinggi


Pemakaian CPU yang tinggi dapat menandakan adanya beberapa masalah. Jika suatu program menghabiskan seluruh kapasitas prosesor, maka program tersebut mungkin tidak berjalan sebagaimana mestinya bahkan akan berakibat buruk pada program lainnya bahkan dapat mengganggu sistem. Pemakaian CPU yang hampir mencapai batas maksimal juga menandakan adanya infeksi virus atau adware yang harus segera diperbaiki. Hal lain juga bisa berarti bahwa komputer sudah tidak mampu lagi menjalankan apa yang ingin Anda lakukan, peningkatan (upgrade) komponen perangkat keras mungkin perlu dilakukan untuk menunjang kinerja yang ingin anda dapatkan.



Buka Windows Task Manager

Open task manager kalian dengan menekan tombol keyboard Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan atau bisa juga dengan klik kanan pada toolbar lalu pilih Start Task Manager. Ultilitas ini berfungsi untuk memonitor dan melaporkan semua proses dan program yang sedang bekerja di komputer anda.



Masih pada Windows Task Manager silahkan beralih ke-tap processes. Semua proses yang sedang berjalan di komputer anda ditampilkan disini dan klik kolom "CPU" untuk mengurutkan proses CPU masing-masing




Cari proses yang banyak menggunakan kapasitasa CPU. Biasanya terdapat 1 proses saja yang menggunakan 80% hingga 100% kapasitas dari CPU walaupun mungkin terdapat 2 sepasang program yang menghabiskan 50% proses.




End process program yang tidak digunakan lagi untuk menunjang pemakian CPU. Cukup dengan klik kanan pada suatu process lalu pilih end process.
PERHATIAN* Hati-hati dalam memilih program yang akan di end process, karena jika kalian salah mematikan paksa sebuah program, bukan malah menurunkaan kapasitas CPU yang tinggi malah akan mengakibatkan sytem error.




Memakai program Ultiltas lain

Selain dengan menghentikan program yang tidak digunakan pada task manager, kalian juga bisa menggunakan beberapa program ultilitas lainnya seperti : CCleaner, Adcanced System Pro, dan masih banyak lagi yang bisa kalian temukan di internet.

Upgrade Hardware

Terlepas dari semua cara di atas tidak dapat memastikan menurunkan pemakaina CPU yang tinggi. Namun tetap ada cara yang lebih pasti dan mudah yaitu updgrade hardware seperti Processor dan VGA Card. Jika kedua komponen ini mendukung saya yakin bahkan tanpa melakukan setting yang berbagai macam, CPU usage kalian akan tetap normal.




0 comments:

Post a Comment