Thursday 22 December 2016

Cara membuat Ad-Hoc pada laptop


Hai sobat random, pada kali ini saya akan share lagi ilmu saya nih. Yaitu tentang cara membuat Ad-Hoc pada laptop. Ad-Hoc sendiri bisa di artikan jaringan local yang bisa dibuat dengan bermodal laptop berspesifikasi cukup kartu jaringan saja. Biasanya jaringan ad-hoc ini sendiri banyak digunakan sebagai pengganti dari kabel LAN, fungsinya sendiri sih beragam tergantung dari penggunaaannya sendiri seperti untuk bermain game online (jaringan local), berbagi file, ataupun lainnya. Oke, langsung aja ke tutorialnya di bawah :





Buka Network and Sharing Center

Silahkan menuju pada network and sharing center dengan cara tekan tombol windows, lalu pilih control panel, lalu pilih lagi network and internet, terakhir pilih Network and Sharing center.

1
2
3

Create an ad hoc network

Masih di Network and Sharing Center silahkan pilih dan klik Manage Wireless Network, kemudian klik Add dan pilih Create an ad hoc network

4

5

6



Set up a wireless ad hoc network

Pada jendela dialog ini silahkan klik next, lalu silahkan isi informasi tentang ad hoc sobat.
  • Network name    : Specialrandom (opsional, sobat bisa mengubah sesuka hati)
  • Security type      :  WPA2-Personal (jenis keamanan jaringan local yang kita kehendaki)
  • Security key       :  qwerty123 (opsional, ini adalah password dari jaringan ad hoc tersebut)

Setelah melakukan setting pada jaringan ad hoc, silahkan klik next.

7

8

Setting up

Pada bagian ini jaringan ad hoc sobat sedang disiapkan. Tunggulah beberapa saat hingga ad hoc siap digunakan.

9

Ready to use

Bagian ini menunjukan bahwa ad hoc sobat benar-benar telah siap digunakan. Terdapat juga beberapa keterangan yang telah sobat random buat di sebelumnya.

10

Check ad-hoc
Tahap akhir silahkan check ad hoc sobat pada wireless sobat. Jika sobat melihat nama jaringan sobat dengan status Waiting for user berarti jaringan sobat benar-benar telah siap digunakan. silahkan connect device lain untuk memulai menggunakan jaringan local ini.

11
Note* : Pada beberapa masalah, walaupun ada-hoc telah di setting dengan benar seperti di atas, Ad-hoc tetap tidak bisa pig setiap komputer yang ada. Utuk penyelesaiannya silahkan matikakan Firewall kamu.

Selesai. Bagaimana? Mudah bukan membuat jaringan ad-hoc ini? Jika masih ada yan ingin bertanya silahkan pos komentar anda di kolom komentar. 
Sekian sobat random dan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment