Wednesday 28 December 2016

Cara membuat server game local tanpa internet

Jika kalian ingin bermain game offline secara online tanpa menggunkan internet, mungkin tutorial kali ini akan sangat membantu kamu. Bagaimana tidak? Bermain game secara bersama-sama sendiri akan berbeda rasanya jika itu dilakukan secara bersama-sama.

Pada tutorial kali ini saya akan memakai jaringan ad-hoc sebagai jembatan penghubungnya, jadi pastikan jika kalian sudah megetahui cara membuat jaringan ad-hoc. Jika kalian belum bisa membuatnya silahkan ke tutorial saya sebelumnya Cara membuat ad-hoc pada laptop.
Oke, berikut adalah tutorial Cara membuat server game local tanpa internet :

Pilih Satu Laptop Sebagai server


Kalian bisa memilih salah satu dari laptop teman kalian atau dari kamu sendiri yang akan dijadikan server. Saya sarankan pilih latop/komputer yang memiliki network card yang kuat sebagai server, karena ini akan berpengarus pada kecepatan jaringan yang mungkin akan menimbulkan laggy saat bermain jika memilih laptop yang salah.

Pada dasarnya laptap server ini akan dijadikan sebagai database dan mejadi titik utama dari semua komputer yang akan terkoneksi.

Setting Ad-Hoc

Setelah terkoneksi dengan ad-hoc bukan berarti kalian bisa langsung memainkan game secara online, kalian memerlukan beberapa setting pada laptop server dan laptop user agar ad-hoc bisa terkoneksi dengan suatu laptop dengan laptop lain.
Berikut adalah cara setting laptop server dan laptop user.



  • Setting Pada Laptop Server

Untuk melakukan setting pada laptop/komputer server silahkan menuju ke "Network and Sharing Center" dengan cara pergi  ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.

Pada Network and Sharing Center silahkan klik "Change Adapter Setting", lalu pada "Wireless Network Connection" klik kanan dan pilih properties.

Lakukan setting IP dengan ketentuan seperti dibawah :


Jika sudah silahkan klik ok. Maka setting pada Laptop server telah berhasil.


  • Setting Pada Laptop User
Untuk melakukan setting pada laptop user, jangan lupa connect dulu ke ad-hoc lalu setting ip. Untuk melakukan setting ip pada laptop user sendiri, hampir sama seperti melakukan setting ip pada laptop server, hanya saja pada saat melakukan configurasi IPV4 akan berbeda. Berikut adalah configurasi IP pada laptop user :


Perbedaanya sendiri terletak pada IP address nya. Jika laptop server menggunkan ip 192.168.1.1 jelas pada user ip nya harus 192.168.1.2 kenapa? Karena ip pada server tidaklah boleh sama dengan  user karena nanti akan menimbulkan error. Jika sudah klik OK.

Lakukan hal yang sama pada user yang lain namun ubah ip nya menjadi 192.168.1.3 dan seterusnya tergantung seberapa banyak user yang ada. Intinya terletak pada ujung ip address saja yang tidak boleh sama. Namun yang lain seperti netmask dan default gateway setting saja sama seperti yang ada pada laptop server.
Jika masih bingung, lihat contoh seperti dibawah :
  1. Laptop sever : IP = 192.168.1.1
  2. Laptop user 1 : IP = 192.168.1.2
  3. Laptop user 2 : IP = 192.168.1.3
  4. Laptop user 3 : IP = 192.168.1.4
  5. Laptop user 5 : IP = 192.168.1.5 dan seterusnya.

Jika sudah melakukan  setting seperti di atas seharusnya semua laptop akan saling terhubung, untuk memastikannya silahkan ping laptop server dan beberapa laptop user yang lain.
Selamat mencoba dan semoga membantu..
Apabila kamu kurang mengrti silahkan bertnya pada kolom komentar atau bisa langsung hubungi saya via email pada bagian Contact Me.


0 comments:

Post a Comment