Sunday 8 January 2017

Cara merekam game menggunakan Bandicam

Untuk kalian yang masih bingung dengan cara merekam sebuah game dengan menggunakan bandicam, pada tutorial kali ini saya akan membagikan sedikit cara merekamnya.

Pada dasarnya merekam game menggunakan bandicam sangatlah mudah, namun kebanyakan orang hanya saja tidak mengetahui cara merekamnya. Banyak dari mereka mengeluh tentang masalah "You can't start recording in 'DirectX/OpenGL window' mode because bla..bla..". Padahal sebenarnya bukan itu masalahnya.

Pesan seperti diatas bukanlah pesan error seperti yang kalian pikirkan, kalian hanya tidak mengerti maksud dari pesan tersebut. Jika kita pahami dengan benar maksud dari pesan tersebut, seharusnya kalian bisa dengan mudah merekam game yang kalian inginkan. Jujur, masalah ini juga pernah saya alami ketika baru pertama kali menggunakan bandicam. Namun dengan sedikit lebih teliti akhirnya saya pun mengerti maksud dari pesan tersebut dan bisa dengan mudah merekam game yang saya inginkan.

Baiklah disini akan saya jelaskan sebisa saya maksud dari pesan tersebut. Maksud dari pesan itu sendiri bukanlah pesan kesalahan dari hardware maupun software yang kita gunakan, melainkan maksud dari pesan tesebut kita harus menargetkan game yang akan kita rekam dengan berpindah pada layar game lalu tekan perintah keyboard berupa F12 (key default, bisa diubah) untuk langsung memulai merekam pada bandicam, lalu tekan kembali F12 untuk berhenti merekam.

Jadi merekam game pada bandicam bukanlah dengan cara menekan tombol REC pada aplikasi, melainkan dengan masuk kedalam game langsung lalu tekan F12 untuk memulai dan stop rekam.

Masih kurang jelas maksud saya diatas? Oke, ikuti langkah-langkah yang saya sediakan dibawah :
  1. Buka aplikasi bandicam. Mungkin kamu akan memerlukan password administrator jika diminta.
  2. Setelah membuka bandicam, silahkan buka game kamu. Lalu perkecil layar game ke mode "Windows Mode"(jika ada pada settingan game kamu) Jika tidak ada setting windows mode silahkan langsung kembali ke "Dekstop" kamu dengan menekan lambang windows pada keyboard + D secara bersamaan (Windows+D)
  3. Pada aplikasi bandicam beralih ke tab berlambang "Konsol". Pada bagian bawah gambar konsol tersebut seharusnya sudah  muncul .exe dari game kalian. Contoh seperti saya adalah : javaw.exe (gl) - 854x480. (Game Minecraft)

    Jika tidak muncul silahkan klik game kamu kembali lalu lihat bandicam kamu kembali.
  4. Jika sudah muncul berarti kamu sudah aman. Kembali kedalam mode fullscreen dari game kamu lalu tekan tombol F12 untuk memulai merekam dan F12 juga untuk stop merekam.
  5. Jika sudah merekam silahkan buka folder video dari hasil rekaman kamu dan lihat hasilnya.
Bagaimana? Mudah bukan? Seharusnya ini cukup mudah jika kamu benar mengikuti langkah-langkah di atas.

Sekian dari saya, semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi kamu. Happy recording

14 comments:

  1. gan punyaku klo sudah merekam trus main game ko gamenya gak kliatan ya cuma gambar hitam doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk itu saya sendiri kurang tahu, karena selama ini saya merekam games makek software ini run normal2 aja.
      Solusinya yah coba rekam ulang aja, semisal mash begitu juga, coba run game lain dan coba rekam.
      klk masalahnya mash sma sewaktu merekam game lain. coba reinstall bandicamnya.
      Msh truble jg? mngkn ada kesalahn dngn VGA (Ragu).
      Intinya sih terus coba aja.

      Delete
  2. maaf gan saya ngerekan game psp tpi koh ngelag ngelag gambarnya ada solusinya kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin spesifikasi dari device agan nggk mendukung :D
      Coba pakai device yang spesifikasinya lbh tinggi :)

      Delete
  3. Kenapa saat merekam game sering ada tulisan "Gagal Merekam Video" dan rekaman pun langsung putus gitu aja, solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
  4. Kenapa pada saat saya merekam, suara saya ga kedengeran? Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan sudah menyetel bagian recording pada windows belum?

      Delete
  5. punya saya klau ngegame.. camera video buat ngrekam nya gk ada... itu gmn

    ReplyDelete
  6. Cara agar bisa lihat fps nya gimana, bang???

    ReplyDelete
  7. mohon pencerahannya....
    di laptop teman saya,bandicamnya bisa nya di pake di game contohnya stick fight tapi pas dicoba ke game pes dan sleeping dogs malah gk bisa ke record gan...

    ReplyDelete
  8. Kenapa Saya Merekam Game Yang Mode Game. Lag Banget, Kalau Layar Penuh, Gak Ada Gambarnya Cuma Warna Hitam Doang

    ReplyDelete
  9. Wah wah...yg hasilnya cuka gambar item doang....zeeb~

    ReplyDelete
  10. Terima kasih kak,sudah beritahu saya caranya ,soalnya waktu saya rekam game pakek mode dekstop game nya ngelag

    Terimakasih banget kak,👍👌
    Oh ya kak,jangan lupa like and Subscribe "KALINGGA CHANNEL"

    ReplyDelete