Thursday 22 December 2016

Bookmark pada google chrome





Sebelum kita membahas tentang Bookmark pada google chrome. Ada baiknya donk kita mengetahui apa itu Bookmark? Apa fungsinya? Terus untuk apa kita harus mengetahui tatacara dari bookmark tersebut? Oke, pada kesempatan kali ini saya akan mecoba mejelaskan kepada sobat random secara detail.

Note* Pada penjelasan saya kali ini saya mengkhususkan penjelasan pada web browser "Google Chrome". Mungkin pada web browser yang lain akan sedikit berbeda tatacaranya.

Apakah Bookmark itu?

Bookmark sendiri adalah penanda. Dalam hal ini untuk menandakan web mana yang mungkin suatu saat akan kita kunjungi lagi. Ataupun hanya sekedar menandainya

Terus fungsinya?

Bookmark berfungsi sebagai penanda (marker) persis seperti pembatas buku. Dengan bookmark sobat random bisa menandai bagian-bagian yang penting sehingga di lain waktu bisa dengan cepat kembali ke bagian tersebut yang tentu hal ini sangat penting apabila sewaktu-waktu kita lupa akan informasi yang kita cari ataupun hanya sekedar mengingatnya kembali.

Tata caranya sbookmark?

Bagi kalian-kalian yang mempunyai bookmark yang cukup banyak, kalian beruntung karena pada kali ini saya juga akan membagikan tata cara bookmark pada sobat random sekalian dan ini akan sangat berguna dari padanya. Oleh karena itu saya akan coba jelaskan sedetail mungkin agar bookmark kalian sendiri terlihat rapi dan yah.... lebih mudah di pilah-pilah kembali nantinya.


Cara bookmark pada chrome

Sangat mudah, kalian melihat lambang berbentuk bintang, pada ujung paling kanan, pada kolom url? klik saja itu pada laman suatu web, maka bintang tersebut akan berubah warna menjadi biru, yang tandanya halaman yang ingin anda bookmark telah berhasil ditandai dan otomatis ditampilkan pada toolbar chrome.

Cara Bookmark

Cara Bookmark
Mengatur bookmark pada chrome

Keseringannya kalian browsing, pasti membuat kalian sering membookmark setiap situs-situs web yang menurut kalian memang penting dan perlu apabila sewaktu-waktu akan di buka kembali. Tentu bookmark yang kalian buat tidak sedikit dan membuat kalian kesulitan untuk menemukan bookmark penting yang kalian inginkan.
Oke... berikut adalah tatacara mengatur bookmark agar bookmark kalian terlihat lebih rapih dan mudah diingat :
  • Buatlah sebuah folder yang isinya sesuai dengan artikel yang di baca. Contohnya saja artikel tutorial. Klik kanan pada toolbar chrome yang kosong lalu pilih "Tambahkan map..."
  • Berinama folder bookmark sesuai ketegori yang kalian inginkan lalu klik simpan. Ulangin cara ini hingga kalian mempunyai folder kategori yang cukup.
  • Otomatis folder kategori tadi akan muncul pada bagian toolbar sobat, lagkah selanjutnya silahkan klik kiri dan seret artikel-artikel yang telah kalian bookmark ke dalam folder tadi satu-persatu.

  • Lihat! Bukankah ini terlihat lebih rapi dan enak dipandang? daripada sebelum-sebelumnya? Bukan hanya itu, ini juga akan memudahkan kalian para sobat random untuk memilah dan membuka kembali bookmark-bookmark yang kalian miliki.

Oke! Sobat random sekian dulu untuk artikel Bookmark pada google chrome. Apabila masih belum paham silahkan berkomentar atau langsung bisa contact saya di form cotact me.
See yaa guys!


0 comments:

Post a Comment