Friday 30 September 2016

Turtorial teknik cropping gambar pada photoshop cs 6 bagian 1 #Lasso Tool

Cropping gambar pada photoshop? Mungkin ini hal yang lumrah dan sudah biasa di lakukan pada photoshop. Namun tahukah anda? ada banyak tools yang bisa anda gunakan untuk mengcropping gambar pada photoshop, toolsnya sendiri terbagi menjadi 2 di mana di setiap tools terbagi lagi menjadi beberapa macam anak tools.. wahh banyak bukan? Terus yang mana yang paling nyaman digunakan? Oke langsung saja kita masuk kebagian pertama.

Baca juga > Turtorial teknik cropping gambar pada photoshop cs 6 bagian 2 #Quick Selection Tool

Pada menu lasso tool sendiri untuk pertama kita akan menggunakan Lasso Tool dengan cara sebagai berikut :

  • Buka photoshop anda kemudian pilih foto yang akan anda crop bagiannya
  • Untuk memudahkan silahkan zoom gambar secukupnya sehingga memudahkan anda dalam proses cropping nantinya
  • Klik Lasso Tool kemudian klik kanan Lasso Tool 
Lasso Tool
  • Mungkin Lassos Tool sendiri akan sulit digunakan karena mengharuskan kita memendam terus menerus mouse untuk membuat line cropping. Sedikit ada goyangan? Hancur sudah, anda harus mengulangnnya dari awal kembali.
Lasso Tool
  • Setelah selesai membuat garis cropping silahkan copy (ctrl+c) terus (ctrl+v) maka otomatis akan membuat layer baru yaitu layer ke-1. Maka dari itu silahkan hapus layer 0 untuk medapatkan hasil cropping anda menggunakan Lasso Tool.
Lasso Tool



Bagaimana sobat random? masih kesulitan dalam menggunakan Lasso Tool? Oke selanjutnya kita akan manggunakan Polygonal Lasso Tool yang berikut langkah-langkahnya :
  • Masih pada cara yang pertama tadi silahkan klik menu Lasso Tool lalu pilih Polygonal Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool
  • Polygonal Lasso Tool sendiri lebih mudah dalam penggunaanya, tidak seperti Lasso Tool, tool ini memungkinkan kita membuat line cropping tanpa harus memendam klikan mouse. Sistem titik ke titik line croppingnya tentu telah memudahkan kita dalam cropping.
Polygonal Lasso Tool

  • Silahkan Ctrl+C lalu Ctrl+V dan hapus layer 0. Liat hasil akhir nya lebih rapih bukan? 
Polygonal Lasso Tool





Lasso Tool sudah, Polygonal Tool sudah, sekarang tinggal tool terakhir yaitu Magnetic Lasso Tool yang tentunya akan lebih memudahkan kita dalam cropping gambar. Berikut turtorialnya :



  • Masih seperti step-step sebelumnya hanya saja pada menu Lasso Tool klik kanan lalu pilih Magnetic Lasso Tool.
Magnetic Lasso Tool
  • Pada Magnetic Lasso Tool hampir sama seperti Polygonal Lasoo Tool haya saja pada saat membuat line cropping, Line cropping akan atotmatis mengikuti bentuk garis dari pixel gambar anda sehingga boleh di bilang Magnetic Lasso Tool sendiri merupakan tool yang sangat praktis dan paling cepat dalam membuat line cropping diantara tools lain.
Magnetic Lasso Tool
  • Untuk hasil akhir tekan Ctrl+C lalu Ctrl+V dan hapus layer 0. Selesai berikut adalah contoh penampakan hasil akhirnya.
Magnetic Lasso Tool



Terlepas dari semua teknik cropping di atas menggunakan menu Lasso Tool, setiap tool tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang pada akhirnya tergantung pada kita sendiri mencocokan jenis tool pada gambar tertentu untuk hasil crooping yang lebih rapi dan baik.
Anda masih bingung? Silahkan ajukan pertanyaan pada komentar, dengan senang hati saya akan menjawab sebisanya atau langsung kontak saya di Cotact Me

0 comments:

Post a Comment