Friday 30 December 2016

Mengatasi PC atau Laptop yang mulai lemot

PC atau Laptop tak dapat dipungkiri telah menjadi perangkat yang banyak dipakai oleh orang. Perangkat ini sangat membantu dalam pekerjaan kita sehari-hari. Baik  itu di kantor, sekolah, rumah, bahkan dimanapun kamu berada. Maka tidak heran jika orang akan merasa kesal jika perangkat yang paling penting ini justru tiba-tiba lemot atau lelet.

Banyak penyebab yang membuat peforma perangkat ini bisa menurun. Kebanyakan orang juga tidak tahu apa yang menyebabkan perangkat ini menjadi down. Bagitu pun dengan solusinya, yang padahal ada banyak cara untuk membuat peforma PC atau laptop anda kembali menjadi cepat.

Untuk itu saya sendiri akn membagikan bagaimana cara meningkatkan peforma PC atau Laptop kamu kembali. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :


Melakukan Reboot

Tahap paling awal yang bisa kamu lakukan adalah reboot. Kenapa? Karena disaat komputer kamu dihidupkan dan kamu menjalankan beberapa program, secara tidak sadar program-program tersebut menguras sumber daya dari komputer kamu, yang tentu bisa membuat komputer kamu pun terasa lebih lambat dari biasanya.

Maka dari itu reboot terkadang dapat membuat komputer kamu terasa lebih cepat kembali, karena dengan reboot komputer akan dihidupkan dengan hanya menggunakan sumberdaya program-program startup saja.

Terlalu Banyak Software yang terinstall

Banyaknya software yang terinstall di komputer kamu juga sangat mempengaruhi kinerja komputer kamu. Karena beberapa program tersebut secara default akan aktif ketika windows dijalankan, yang tentu bukan hanya membuat komputer kamu menjadi lambat namun proses startup windows yang juga akan terasa mulai berat.

Yaa,,, Kamu tetap bisa setting agar program-program itu tidak melakukan startup pada windows dengan "mematikan" program-program yang dirasa tidak perlu. Fitur ini biasa terletak pada Task Manager > Startup

Malware

Malware atau sering disebut virus ini merupakan salah satu faktor yang tidak bisa dipungkiri. Ketika malware menjadi dalang kenapa PC/Laptop kamu mulai lambat, hampirlah sulit untuk menyadarinya karena malware sendiri bersifat "tersembunyi".

Kebanyakan dari malware juga jarang menampakkan dirinya secara langsung karena mereka berjalan secara dibelakang (background). Bahkan beberapa malware ada yang menyamar menjadai file-file yang tanpa kita sadari.

Untuk itu banyak waktu yang harus kita habiskan untuk menangani masalah ini. Mulai dari pemindaian secara keseluruhan oleh program-program antivirus. Dan set keamanan pada Komputer kamu agar hal ini tidak terulang kembali.

Harddrive Hampir Penuh

Dapat dipastikan jika harddrive kamu mulai terasa sesak, akan dapat dipastikan akan berimbas pada peforma komputer kamu. Maka dari itu, harddrive tetap memerlukan ruang yang cukup agar dapat berfungsi secara maksimal dan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, sekarang mulailah sering-sering untuk check harddrive kamu.

Upgrade hardware

Upgrade hardware merupakan cara yang paling ampuh untuk meningkatkan peforma komputer kamu. Ada tiga komponen yang cukup berpengaruh, yaitu : Processor, Ram, dan VGA. Belilah dan ganti tiga perangkat ini ke perangkat yang lebih mahal harganya dan versi yang lebih up to date juga.

Perlu diingat, prioritaskan untuk upgrade ke tiga hardware ini terlebih dahulu untuk peforma PC/Laptop yang lebih baik.

Install Ulang Windows

Terkadang sistem operasi juga berpengaruh kinerja komputer, Walaupun perangkat kamu sudah yang paling mahal sekalipun apa bila OS mengalami masalah, tetap saja peforma komputer kita akan tetap buruk.

Solusi terbaiknya yaitu instal ulang windows kamu. Dan cara ini merupakan metode paling akhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja komputer kamu. Apabila dari bebrapa cara di atas tidak berhasil juga. Dapat dipastikan kamu harus membeli PC atau Laptop baru.

0 comments:

Post a Comment