Monday 19 December 2016

2 cara mudah Screen Shot pada PC/Laptop

Pada Tips dan Trik kali ini special random akan membagikan 2 cara mudah Screen Shot pada PC/Laptop. Yap! Cukup mudah, bagaiman tidak? Sobat random tidak memerlukan hardware ataupun software khsusus untuk melakukan 2 cara mudah ini. Oke langsung aja Let's check this out.




Method 1 : Menggunakan tombol "Print Screen"

Temukan tombol print screen pada keyboard sobat masing-masing, biasanya tombol ini terletak pada bagian atas, sudut sebelah kanan pada sebuah keyboard tergantung dari merek keyboard tersebut.

Tombol print screen pada keyboard laptop

Tombol print screen pada keyboard PC
Jika sobat telah menemutkannya silahkan sobat alihkan tampilan layar dekstop sobat kebagian yang ingin sobat screen shot lalu tekan tombol print screen tadi.

Note* Pada beberapa merek keyboard, tombol print screen hanya akan berfungsi jika ditekan bersamaan dengan tombol fn+print screen atau alt+print screen.

Setelah menekan tombol print screen silahkan buka aplikasi Paint pada windows  sobat, aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari windows jadi sobat cukup mengetikkan paint pada menu windows search untuk menemukannya.

Paint

Pada aplikasi paint silahkan pastekan hasil dari print screen sobat dengan cara klik kanan pada kanvas kosong lalu pilih Paste atau sobat juga bisa langsung menggunakan perintah Ctrl+V pada keyboard.


Otomatis kanvas putih tadi berubah menjadi hasil print screen sobat. Jika sudah silahkan save gambar sobat. Selesai




Method 2 : Menggunakan software bawaan windows (Snipping Tool)

Oke, pertama-pertama silahkan buka snipping tool sobat dengan cara mengetikkan "snipping tool" pada menu windows search.



Kemudian pada snipping tool silahkan pendam klik kiri dan seret kursor sobat pada objek yang akan di capture, maka hasil dari capture akan sesuai dengan bagian yang ingin sobat capture pada dekstop.
Disini sobat juga langsung mengedit dari hasil capture sobat tadi loh... menu-menunya sendiri sobat bisa melihat pada kotak merah dibawah


Setelah selesai silahkan ke menu file lalu pilih save as dan simpan hasil dari capture sobat tadi dan selesai.


Oke, sekian dulu tentang 2 cara mudah Screen Shot pada PC/Laptop. Saya rasa tips trick kali ini tidaklah terlalu susah jika sobat benar-benar mengikuti dan memahami setiap langkah yang telah dijelaskan. Namun terlepas daripada itu sobat-sobat sekalian tetap bisa kok bertanya ataupun sekedar berkomentar pada kolom yang telah disediakan.

0 comments:

Post a Comment